Home / Berita KPU Manado / KPU Manado Gelar Bimtek Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan

KPU Manado Gelar Bimtek Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan

HUMASKPUMANADO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terkait Verifikasi Faktual Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Manado.

Sebelumnya Bimtek ini telah dilaksanakan beberapa waktu lalu melalui aplikasi online dalam rangka menjelang tahapan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.
Ketua KPU Kota Manado melalui Divisi Teknis KPU Kota Manado, Moch. Syahrul mengatakan bahwa Bimtek verifikasi faktual ini akan berlangsung sejak 23 Juni 2020 hingga 27 Juni 2020. Selama 5 hari Bimtek ini dilaksanakan bertempat di AULA KPU Kota Manado.
“Bimtek ini digelar dalam rangka persiapan penyelenggaraan tahapan lanjutan Pemilihan Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Manado di tengah pandemi Covid-19 yang akan berlangsung Desember 2020 mendatang,” katanya kepada humaskpukotamanado, Selasa (23/6/2020).

Ia menyatakan bimtek ini harus dilakukan kepada setiap kelurahan dan kecamatan, sehubungan adanya penerapan aturan tentang pembatasan pertemuan di masa pandemi Covid-19. Bimtek dibagi 4 kelas setiap hari dan tiap-tiap kelas dibatasi pesertanya dengan memperhatikan protokol kesehatan, dan pematerinya adalah Anggota KPU Kota Manado dari masing-masing koordinator wilayah.
“Selain pembatasan jumlah untuk menjaga jarak, KPU Kota Manado juga menerapkan pemakaian alat pelindung diri (APD) minimal masker dan menyediakan cairan handsanitizer serta fasilitas mencuci tangan,” ujarnya.

Secara keseluruhan, KPU Kota Manado belum menemukan kendala dalam melaksanakan bimtek kali ini. Menurutnya, dengan motede pembatasan jumlah peserta ini, maka penyampaian materi bimtek terkesan lebih serius dan terarah.
Ke depan, KPU Kota Manado akan memikirkan metode bimtek yang lebih variatif agar peserta bisa lebih mudah menyerap materi yang disampaikan dengan memperhatikan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19 ini.

Salah seorang peserta bimtek dari PPS Kelurahan Lawangirung, Indra Tarore mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pihak KPU Kota Manado, karena menurutnya hampir kebanyakan seluruh kegiatan dilakukan secara virtual.
“Kita bersyukur KPU bisa melaksanakan bimtek secara langsung dibanding secara virtual. Karena ini akan lebih mudah dicerna oleh peserta,” ucapnya.

Penulis/Editor : Humas Media Centre KPU Kota Manado

Check Also

Pemkot Siap Fasilitasi Kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Manado

Manado – Pada hari Selasa tanggal 07 Juli pukul.17.00 Wita bertempat di Aula Kantor KPU …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *