Home / Berita KPU Manado / KPU Manado Serahkan Dokumen Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan ke PPS

KPU Manado Serahkan Dokumen Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan ke PPS

HUMASKPUMANADO – Selama 14 (empat belas) hari yakni sejak 29 Juni 2020 atau terhitung sejak dokumen syarat dukungan Bakal Pasangan Calon diterima oleh PPS sampai dengan 12 Juli 2020 akan dilakukan Verifikasi faktual syarat dukungan bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado dalam Pemilihan 2020.

Bakal Pasangan Calon Perseorangan

Dokumen yang diserahkan ke PPS berupa formulir model B.1.1-KWK Perseorangan Asli untuk setiap desa/kelurahan, Lampiran Model BA.5-KWK Perseorangan, hasil verifikasi kegandaan (potensial ganda dalam 1 (satu) bakal pasangan calon dan antar bakal pasangan calon perseorangan) serta hasil pengecekan keberadaan pendukung di dalam DPT Pemilu terakhir dan/atau DP4 untuk setiap desa atau sebutan lain/kelurahan.

Dokumen-dokumen tersebut, selanjutnya diverifikasi faktual dengan mekanisme kerja yang dilakukan oleh PPS adalah metode sensus yakni petugas harus bertemu langsung dengan pendukung untuk memastikan dukungannya Kepada Bakal Pasangan Calon Perseorangan. Untuk itu langkah kerja yang dilakukan PPS dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid19 yang mewabah saat ini adalah sebagai berikut:

Pertama, Petugas mengecek kesesuaian KTP Elektronik atau suket dengan formulir Model B.1.1-KWK Perseorangan, apabila tidak sesuai dengan maka pendukung dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dan diberikan status pada kolom keterangan formulir model B.1.1-KWK Perseorangan. apabila KTP Elektronik atau surat keterangan sesuai dengan formulir model B.1.1-KWK perseorangan, maka PPS selanjutnya menyatakan kebenaran dukungan.

Kedua, Ketika melakukan verifikasi faktual pendukung tidak ditemuinya, maka PPS akan segera melakukan koordinasi bersama tim penghubung Bakal Pasangan Calon dengan menghadirkan pendukung pada tempat yang telah ditentukan paling lambat tiga hari sejak pendukung tidak ditemui. Untuk tujuan ini PPS wajib berkoordinasi dengan PPL. Selanjutnya, apabila pendukung tidak hadir, maka bisa datang langsung ke kantor PPS guna membuktikan dukungannya paling lambat sebelum batas akhir verifikasi faktual, yakni tanggal 12 Juli 2020.

Ketiga, verifikasi faktual juga dapat dilakukan dengan menggunakan alat panggilan video yang dihadiri oleh PPL apabila terdapat surat yang membuktikan bahwa pendukung yang bersangkutan sedang sakit atau berada di luar wilayah administrasi pelaksanaan Pemilihan yang diterbitkan oleh instansi yang berwewenang. Apabila dalam proses verifikasi dukungan melalui panggilan video terdapat keraguan terhadap pendukung, maka PPS yang difasilitasi oleh KPU Kota Manado dapat melakukan verifikasi kembali terhadap KTP Elektronik atau keabsahan surat keterangan.

Penulis/Editor : Humas Media Centre KPU Kota Manado

Check Also

DKPP RI ‘Warning’ Anggota PPK

Manado – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado terus mensosialisasikan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *