Home / Berita KPU Manado / KPU Manado Sosialisasikan Persyaratan Pencalonan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2020

KPU Manado Sosialisasikan Persyaratan Pencalonan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2020

KPU Kota Manado – Sosialisasi Persyaratan Pencalonan pada Pilkada 9 Desember 2020 bertempat di Peninsula hotel Manado, dalam kegiatan tersebut,  Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Manado Jusuf Wowor dalam sambutannya menyampaikan bahwa “kiranya dari Sosialisasi dan Rapat Koordinasi yang rutin diadakan KPU Kota Manado diharapkan agar masyarakat Kota Manado terlebih khusus Partai Politik bisa sepaham dengan Peraturan yang sudah berlaku”.

Sosialisasi Teknis Persyaratan Pencalonan pada Pilkada 9 Desember 2020 di hadiri oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara, Bawaslu Kota Manado, Partai Politik, Forkompinda, Pengadilan Negeri Manado,Kejaksaan Negeri Manado, BNN Kota Manado, PPUAD, Dinas Pendidikan dan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Kesbangpol Kota Manado, Disdukcapil Kota Manado, Ormas dan LSM.

Kegiatan ini dibarengi dengan Penandatanganan MOU pembentukan Relawan Demokrasi basis Disabilitas yang ditandatangani langsung oleh Ketua KPU Kota Manado dan Ketua PPUAD Kota Manado disaksikan oleh Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Provovinsi Sulawesi Utara dan tamu undangan Sosialisasi dan Rapat Kordinasi Teknis Pencalonan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Tahun 2020.

Terkait Pelaksanaan Tahapan Pencalonan, Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Provinsi Sulawesi Utara Salman Saelangi dalam penyampaian materinya menjelaskan, “Peraturan KPU yang terkait dengan Tahapan Pilkada Serentak. Tentang Jadwal Tahapan Pendaftaran, Syarat Pencalonan, Syarat Calon Proses Pendaftaran Calon, Ketentuan dalam Verifikasi dan Klarifikasi Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan dan Pengundian Nomor Urut untuk Pilkada Serentak tahun 2020 agar terus tetap memperhatikan Protap Kesehatan dalam situasi Covid-19 saat ini dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020”.

Dalam kesempatan ini, Pengadilan Negeri Kota Manado turut membawakan materi serta mensosialisasikan Aplikasi ERATERANG. Dalam penjelasan Ketua Pengadilan Negeri Kota Manado Jamaludin Ismail, aplikasi ERATERANG ini dapat memudahkan Bakal Pasangan Calon untuk mengurus Surat Keterangan dari Pengadilan Negeri untuk mendaftarkan diri sebagai calon. Aplikasi ini mengcover seluruh Indonesia. Namun perkara yang ada pada tahun 2010 ke bawah belum dapat tercover dalam aplikasi ini namun terdapat secara manual di Pengadilan Negeri di tempat bersangkutan berpekara. ucap Jamaludin Ismail.

(Pengelola).

Check Also

Pengumuman Tim Kampanye Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado

Daftar Tim Kampanye Andrei Angouw dan Richard Sualang Daftar Tim Kampanye Sonya Silviana Kembuan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *